Minggu, 12 Juli 2015

KUE ONDE-ONDE



 cara membuat onde-onde
Onde-onde ialah salah satu makanan tradisional turun temurun khas jawa yaitu kota Mojokerto yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia,  jajanan pasar tradisional yang terbuat dari perpaduan tepung beras ketan dengan tepung beras biasa dan berisi kacang hijau yang telah di lembutkan sebelumnya ini sangat mudah sekali kita jumpai dimana saja. 

Pada saat ini telah banyak sekali varian hasil kreasi dari onde-onde ini antara lain ialah onde-onde kumbu (onde-onde isi gula merah), onde-onde kering, onde-onde ketawa, onde-onde ceplus / mini dan masih banyak lagi lainnya. Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Pada kesempatan ini saya akan berbagi resep cara membuat kue onde-onde.


Bahan-bahan:
1.Tepung Beras/Ketan 1 kg
2.Gula Merah ¼ kg
3.Minyak Kelapa ½ liter
4.Kacang Hijau ½ kg
5.Wijen 1/3 kg
6.Garam secukupnya.

Cara membuatnya:
1.Buatlah adonan kental dengan mencampurkan tepung,garam dan sedikit air.
2.Kemudian buatlah isinya yaitu: kacang hijau direbus hingga lunak, lalu tumbuk dengan gula putih. Jika menggunakan kacang ose maka gulanya pakai gula merah, setelah itu dikepal-kepal sebesar telur ayam.
3.Adonan yang sudah anda buat (point 1) diratakan diatas papan yang diberi alas daun pisang, lalu dibentuk bundar-bundar dengan isi kacang hijau tadi (point 2).
4.Wijen ditaburkan diatas tampah, kemudian bundaran-bundaran onde-onde yang sudah dibuat tadi dimasukkan lalu digulirkan diatas tampah agar merata hingga seluruh permukaannya tertutup wijen.
5.Kemudian goreng dengan minyak kelapa yang banyak, angkat dan tiriskan.

Sajikan menu Onde-onde anda bersama keluarga, Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...