Sabtu, 11 Juli 2015

NASI KEBULI

resep membuat nasi kebuli
Nasi Kebuli ialah suatu hidangan nasi berbumbu yang bercita rasa gurih yang ditemukan di indonesia. Nasi Kebuli ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan arab di indonesia. 

Nasi Kebuli merupakan pengaruh dari budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim tepatnya tradisi arab yaman, yang dibawa hingga ke nusantara indonesia Nasi kebuli ini mirip dengan Nasi Biryani. Dalam kebudayaan masyarakat Betawi, Nasi Kebuli biasanya disajikan dalam suatu perayaan keagamaan islam, seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, ataupun Maulid Nabi. Nasi kebuli juga sangat populer di kawasan kota dan daerah yang banyak terdapat warga keturunan arab, seperti Condet, Tanah Abang, Cikini, Surabaya dan Gresik

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa di iris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi Kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, wortel,tomat,bawang goreng, kadang juga ditambahi sambal goreng hati. 

CARA MEMBUAT NASI KEBULI: 
BAHAN: 
a.Beras 1 kg
b.Ayam 1 ekor
c.Bawang, Brambang
d.Ketumbar
e.Jinten
f.Jeruk Purut
g.Laos
h.Daun Salam
i.Garam.

Cara Memasaknya: 
a.Ayam setelah dibersihkan lalu digodok, ambil airnya untuk kaldu.
b.Bumbu-bumbu ditumbuk/digoreng.
c.Kemudian masukkan beras dan bumbu agar serasa dengan bumbu.
d.Lalu beras di liwet sampai masak, air untuk liwet dari kaldu ayam tersebut.
e.Gorenglah ayam dengan bumbu,garam,bawang sampai kering.
f.Lalu hidangkan ke piring dan berisi irisan tomat,mentimun dan bawang goreng.

Sajikan menu hidangan Nasi Kebuli istimewa bersama keluarga anda di rumah, Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...